Belllboy adalah Petugas pelayanan barang dikantor depan yang mengurus barang bawaan tamu serta tugas lainya pada saat tamu melakukan check-in, check-out atau room change.
Bellboy memiliki peranan yang sangat penting karena berada didalam departmen kantor depan , dimana akan berhubungan langsung dengan tamu hotel. Departemen kantor depan berperan penting bagi hotel karena memilki fungsi sebagai berikut (Sugiarto:2000) :
1. Sebagai sumber informasi
2. Menjual akomodasi hotel.
3. Menyambut dan mendaftar tamu-tamu yang akan check-in.
4. Melayani pemesanan kamar.
5. Memantau perkembangan situasi kamar (room status) secara akurat.
6. Menyiapkan berkas-berkas pembayaran tamu (guest bill).
7. Menangani semua surat yang masuk dan keluar hotel.
8. pelayanan lainnya.
9. Melayani, menampung, menyelesaikan keluhan tamu (handling complain)
10. Melayani penitipan barang-barang berharga.
11. Melakukan kerja sama (koordinasi & kooperasi) dengan departemen lain
Tugas dan tanggung jawab Bellboy adalah sebagai berikut:
1. Mengisi daftar hadir.
2. Menangani barang, koper tamu yang dibawa pada saat check-in, check-out, dan titipan barang di porter room.
3. Membaca log book untuk mengetahui hal-hal atau masalah yang perlu diselesaikan
4. Mengisi dan melengkapi Guest Card.
5. Mencatat koper, barang bawaan tamu pada Bellboy Errand Card, dan Bellboy working list check-in dan check out.
6. Mencatat semua barang, koper yang dititipkan baik yang sementara maupun yang dititipkan lebih dari 24 jam.
7. Titipan koper atau barang ini dicatat pada luggage helping receipt.
8. Mengirim pesan tamu (message), koran, telex atau facsimile.
9. Menyiapkan peralatan yang akan dipergunakan dalam pelaksanaan tugas.
10. Menerima dan melaksanakan tugas-tugas suruhan (errand).
11. Selalu siap melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan.
12. Menjaga kebersihan dan kerapian area-area kerja.
13. Mengisi log book ketika akan mengakhiri tugas dan bila ada ha yang belum terselesaikan.
14. Mengisi daftar pulang.
Prosedur penangan tamu perseorangan pada kedatangan (Individual Guest Arrival) oleh Bellboy:
1. Membuka dan menutup pintu mobil tamu jika dari kendaraan, sambil mengucapkan “ Mind your step, please!” atau “Hati – hati Pak//Ibu..”
2. Menyapa, menyambut dan menawarkan bantuan kepada tamu, misalnya;“ Good morning Sir, welcome to XXXXX , may I help you?”atau “Selamat pagi Pak, selamat datang di hotel XXXX, ada yang bisa dibantu?”
3. Mengeluarkan barang bawaan tamu dengan hati-hati
4. Menempatkan barang ditempat yang aman dan pastikan tidak ada barang yang tertinggal di kendaraan serta sampaikan kondisi barang.
5. Sambil membawa barang, antar tamu menuju lobby, kemudian tunjukkan kepadanya letak reception counter. Ketika tamu sedang melakukan regristration, tempatkan barang di tempat yang aman. Jika hotel anda menggunakan kartu barang (luggage tag), ikatlah kartu tersebut pada masing-masing barang.
6. Menunggu tamu yang sedang melakukan registrasi dengan berdiri disampingnya.
7. Menerima kartu tamu (Guest Card) dan hafalkan nama & kamar tamu.
8. Meminta kunci kamar
9. Menerima Bellboy Errand Card yang sudah di cap
10. Mengetuk pintu kamar sebanyak 3 kali sambil mengucapkan “layanan bellboy!”atau “housekeeping!”
11. Masuk ke dalam kamar, dan jelaskan isi ruangan dengan menunjuk fasillitas dan barang yang ada dikamar sesuai dengan urutan searah jarum jam.
Standar penampilan/ Grooming Room seorang Bellboy:
a. Rambut dicukur rapi, tidak terlihat kering dan tidak terlihat basah
b. Tidak berkumis dan tidak berjenggot
c. Rambut diatas krah baju dan tidak menutupi telinga
d. Parfum tidak menyengat
e. Tidak berbau badan dan bau rokok
f. Tangan bersih
g. Kuku dipotong rapi
h. Perhiasan tidak berlebihan
i. Ikat pinggang sewarna dengan sepatu, kepala ikat pinggang rapi
j. Sepatu hitam (sesuai standar), rapih dan bersih
k. Kaos kaki berwarna gelap
http://isnenfakhrudin.pusku.com/Articles